DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aplikasi Bakul Emak Sebagai Media Belanja Online (Studi Pada Masyarakat Tapin Kalimantan Selatan)
PENGARANG:FITRIYANA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


ABSTRAK

 

Fitriyana Sari, 1610414320013, 2022. Aplikasi Bakul Emak Sebagai Media Belanja Online (Studi Pada Masyarakat Tapin Kalimantan Selatan). Di bawah bimbingan Siswanto Rawali dan Noviana Sari.

Aplikasi Bakul Emak merupakan sebuah aplikasi untuk belanja online lokal yang terintegrasi dengan jasa kurir dan delivery order terutama untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Kategori yang tersedia saat ini di Bakul Emak yaitu makanan, minuman, sembako, sayuran segar, lauk, keperluan anak, gas LPG, obat, alat kesehatan, makeup serta perawatan tubuh. Pada saat ini masyarakat menyukai sesuatu yang praktis, seperti halnya untuk berbelanja keperluan sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi Bakul Emak Sebagai Media Belanja Online di Kabupaten Tapin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan yang di ambil dari penelitian ini ada tujuh orang yang terdiri dari satu orang admin aplikasi Bakul Emak cabang Tapin dan enam orang pengguna aplikasi Bakul Emak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dengan bertatap langsung kepada informan dan juga dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Bakul Emak sebagai media belanja online di Kabupaten Tapin dengan menggunakan teori Computer Mediated Communication disertai dengan tanggapan masyarakat yaitu: (1) Fitur yang ada di aplikasi Bakul Emak belum lengkap, (2) Tidak ada fitur pembayaran digital di aplikasi Bakul Emak, (3) Ada tambahan biaya di aplikasi Bakul Emak, (4) Sistem aplikasi Bakul Emak terkadang eror.

 

Kata Kunci: Aplikasi Bakul Emak, Belanja Online, Tanggapan Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI