DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PENERIMAAN KAS PADA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANGERAN JAYA SUMITRA KOTABARU KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:FAJAR SETIAWAN JODI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


Fajar Setiawan Jodi (2022), Analisis Pengendalian Internal Penerimaan Kas pada Sistem Informasi Akuntansi di RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru Kalimantan Selatan. Pembimbing : Dra. Rawintan Endas Binti, M.Com, MTQM (Hons), Ak, CA, CMA (AUS).

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengendalian internal penerimaan kas pada Sistem Informasi Akuntansi RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru, untuk mengetahui sistem pengendalian internal penerimaan kas pada Sistem Informasi Akuntansi yang di RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru dan bagaimana penerapannya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang dianalisis memakai analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan di RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru menggunakan wawancara kemudian dilakukan analisis terhadap sistem pengendalian internal yang ada.

Hasil penelitian ini yakni Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas pada RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru tergambar dalam standar operasional prosedur yang dijalankan mulai dari pendaftaaran pasien hingga keluar dari rumah sakit. Standar operasional prosedur menunjukkan pemisahan fungsi mulai dari pendaftaran pasien hingga keluar, yang dimulai dari bagian pendaftaran, perawatan, perincian, kasir, bendahara penerimaan dan akuntansi. Pengendalian internal terpenuhi dengan adanya pemisahan tugas yang tegas antara fungsi operasional, penerimaan, pencatatan dan penyimpanan. Transaksi yang terjadi telah dicatat dengan semestinya serta didukung dengan dokumen yang telah disahkan oleh pihak yang bersangkutan dibuktikan dengan pencatatan akuntansi. Sistem informasi akuntansi penerimaan kas yang ada belum sepenuhnya terkomputerisasi. Akibatnya waktu dan tenaga yang dibutuhkan lebih banyak sehingga masih ada kemungkinan terjadinya human eror.

Kata kunci : Pengendalian Internal, Akuntansi, Rumah Sakit, Penerimaan Kas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI