DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pemenangan Pasangan Aditya Wartono dalam Memenangkan Pemilihan Kepala daerah Kota Banjarbaru Tahun 2020
PENGARANG:M.RAMADHAN SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-03-30


M.Ramadhan Saputra, 1910413310010, Strategi Pemenangan PasanganAditya Wartono Dalam Memenangkan Pemilihan Daerah Kota Banjarbaru Tahun2020.Dibawah bimbinganDr. Jamaluddin, M.Si

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan TipeDeskriptif dan Informan dalam penelitian ini adalah Wakil Walikota Terpilih KotaBanjarbaru, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Aditya Wartono, Ketua DPC PartaiGerindraKotaBanjarbaru,SekretarisDPCPDIPKotaBanjarbaru,SekretarisDPCPPP Kota Banjarbaru dan masyarakat Kota Banjarbaru. Teknik pengumpulan datadilakukandenganwawancaradandokumentasi,kemudiandatatersebutakandianalisis dengan menggunakan analisis penelitian kualitatif dan yang menjadifokusdalampenelitianiniadalahstrategikampanyeyangdilakukanolehWalikotadan Wakil Walikota terpilih Kota Banjarbaru yang dibagi ke dalam beberapaindikatorteorimarketingpolitik.

Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Pemenangan yangdilakukanolehpasanganAdityadanwartonoBersamadengantimpemenangandanpartai politik pengusung berjalan baik dan efektif hal tersebut terbukti denganterpilihnya pasangan Aditya dan Wartono pada pemilihan Kepala Daerah KotaBanjarbarutahun2020.KeterpilihanpasanganinisangatmenarikmengingatSosokAdityapernahmengundurkandiridalamKontestasiPILKADAtapimajulagisertasosok Wartono orang yang bukan asli Kota Banjarbaru. Melainkan asli orang jawabisamenang.StrategiPemenanganyang dilakukanolehAdityadanWartonomencobamemanfaatkaninternalpartaipengusungmerekauntukmensosialisasikankandidat02kemasyarakat.PasanganAdityaWartonojugamemilikiprodukpolitikdalam bentuk 7 program kerja unggulan, Figur dari Aditya mantan Anak gubernurkalsel, dan Faktor ideologi partai pengusung turut jadi pendekatan ke masyarakat.Segmentasi politik yang dilakukan Pasangan Aditya Wartono yakni SegmentasiDemografis dan perilaku pemilih yang mendapatkan cara pendekatan masing-masing pada masyarakat. Penyampaian Produk politik yang dilakukan melaluiTokoh-tokoh agama, Paguyuban Perkumpulan orang jawa, pertemuan tatap mukadanpromosimelaluimedia sosialsepertiInstagramdan facebook.

DisarankanuntukKepadaBapakWalikotadanBapakWakilWalikotaKotaBanjarbaru,tetapmerakyatdanselalumendengarkankeluhandankeinginanmasyarakat, menjalankan program yang ditawarkan saat kampanye dan harapanmasyarakat, menjadi seorang pemimpin yang melayani, mendengarkan kepadamasyarakat.

Katakunci:Pilkada,Strategi, Figur,Pengkelompokan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI