DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Fisik Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:AHMAD PRADIKA RIFALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-04


                                                    ABSTRAK

Ahmad Pradika Rifaldi, 1710413610006, 2017, Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pembangunan Fisik Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Dibawah bimbingan Gazali Rahman.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala desa dalam pembangunan fisik di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu untuk menggambarkan kepemimpinan kepala desa dalam pembangunan fisik Desa Sumber Baru dengan menggunakan wawancara secara langsung kepada informan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan  kepala desa dalam pembangunan fisik di Desa Sumber Baru merupakan pemimpin yang menggunakan tipe kepemimpinan demokratis, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu ketepatan gaya kepemimpinan, pengikut/bawahan, pendidikan, pengalaman kerja, komunikasi yang baik antara pemimpin dan pengikutnya. Artinya di sini kepala desa selalu bersedia menerima dan menghargai saran-saran, pendapat, dan nasihat dari staf dan bawahan, melalui forum musyawarah, sehingga pembangunan di desa ini berkembang sesuai apa yang menjadi keperluan dan kepentingan masyarakat di desa tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah desa untuk pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemantauan pembangunan desa telah dilaksanakan dengan baik, masyarakat desa juga memiliki hak menggunakan fasilitas desa dan juga masyarakat memiliki peran dalam merawat dan menjaga fasilitasdesa.

Saran kepada kepala desa agar berperan lebih aktif dalam memberikan perhatian terhadap fasilitas yang ada di desa untuk membantu setiap aktivitas masyarakat.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Pembangunan, Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI