DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Gunung Ulin Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar
PENGARANG:MUHAMMAD AKHYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-04


ABSTRAK

Muhammad Akhyadi, 1710413610034, Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Gunung Ulin Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar. Dibawah bimbingan bapak M. Najeri Al Syahrin.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Gunung Ulin Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu untuk menggambarkan kepemimpinan kepala desa dalam pembangunan desa Gunung Ulin dengan menggunakan wawancara secara langsung kepada informan.

            Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem proses kepemimpinan terbagai 3 yaitu masukan (INPUT), proses (PROCESS), dan keluaran (OUTPUT). Masukan atau input yang diperlukan oleh kepemimpinan antara lain adanya pemimpin, pengikut, visi, kekuasaan, teknik mempengaruhi, situasi, dan sumber-sumber kepemimpinan. Sedangkan proses merupakan interaksi antara pemimpin dan pengikut yang saling mempengaruhi satu sama lain untuk merealisasikan visi, sedangkan keluaran atau output adalah hasil dari kepemimpinan.

            Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan pada desa Gunung Ulin, berdasarkan data yang didapat peneliti menunjukkan bahwa banyaknya pembangunan yang sudah terealisasi yang memang pembangunan itu dibangun berdasarkan pada kebutuhan dari masyarakat setempat seperti halnya bangunan desa seperti : gedung olahraga, mesjid, gedung puskesmas pembantu, lapangan volly, pembangunan jembatan, gedung poskesdes, lahan kebun untuk kelompok tani, poskamling serta ada beberapa jalan yang di cor semen dan lain-lain yang telah tersedia untuk fasilitas umum masyarakat desa.

            SarandanidediharapkanKepemimpinan Kepala Desa seperti ini harus tetap diterapkan karena berdampak positif pada pembangunan Desa Gunung Ulin saat ini. Harapannya Kepala Desa selanjutnya yang memimpin Desa Gunung Ulin, memiliki jiwa kepemimpinan seperti Kepala Desa Gunung Ulin saat ini agar Desa Gunung Ulin dalam hal pembangunan dapat terus meningkat dan menjadi motivasi tersendiri untuk lebih baik dari Kepala Desa saat ini bahkan Kepala Desa sebelum-sebelumnya.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Pembangunan Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI