DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA GURU PADA SDN PARINGIN 1 DAN SDN PARINGIN 2 BALANGAN
PENGARANG:QASTHALANI B.
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-04


ABSTRAK

B. Qasthalani. 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru pada SDN Paringin 1 dan SDN Paringin 2 Balangan. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D, Dr. Ngadimun, MM.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Pengembanga, Sumber daya guru.

 

Keberhasilan dalam mengembangkan sumber daya guru tidak terlepas dari model kepemimpinan yang dijalankan oleh kepala sekolah yang akan berdampak pada motivasi dan kesediaan guru dalam mengembangkan kompetensi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) model kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya guru di SDN Paringin 1 dan SDN Paringin 2, (2) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya guru. (3) faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumberdaya guru. (4) faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumberdaya guru.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi multi situs. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan analisis data dalam situs, analisis situs individual dan analisis data lintas kasus.

Hasil penelitian menunjukkan: 1).Model kepemimpinan yang diterapkan dalam pengembangan sumber daya guru pada SD Negeri Paringin 1 Balangan adalah model kepemimpinan demokratis, dan model kepemimpinan yang diterapkan dalam pengembangan sumber daya guru pada SD Negeri Paringin 2 Balangan kepemimpinan Transformasional. 2) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya guru pada SD Negeri Paringin 1 dan Paringin 2 Balangan adalah melalui supervisi, inhouse training, dan partisipasi pada pelatihan eksternal. 3) Faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya guru pada SD Negeri Paringin 1 dan Paringin 2 Balangan adalah adanya motivasi guru dan kemauan guru untuk dikembangkan dan di tunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, dukungan pemerintas, serta adanya tawasan dan undangan dari penyelenggara pelatihan. 4) Faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya guru pada SD Negeri Paringin 1 dan Paringin 2 Balangan adalah adanya guru yang lebih memntingkan urusan pribadi dibandingkan dengan urusan sekoah, serta waktu dan jaringan yang terbatas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI