DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelayanan Publik Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas
PENGARANG:Ary Pernando
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-05


ABSTRAK

Ary Pernando, NIM 1810411310010, 2022,Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas, di bawah Bimbingan Enly Hadiyanor.

Penelitian ini berawal dari beberapa keluhan masyarakat tentang pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan Selat Dalam Kabupaten Kapuas. Surat Keterangan Usaha (SKU) adalah surat yang menjadi bukti keberadaan suatu usaha. Surat ini juga dapat membantu pelaku usaha untuk mendapatkan BLT UMKM dari Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan Selat Dalam .2) Faktor Penghambat Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan Selat Dalam.

Metode Penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan antara lain yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas masih kurang baik, hal ini di lihat dari segi persyaratan, waktu pelayanan, dan penanganan pengaduan, saran dan masukan di Kelurahan Selat Dalam masih kurang jelas dan kurang efektif. Walaupun demikian dalam hal prosedur pelayanan, petugas pelayanan di Kantor Kelurahan Selat Dalam sudah melaksanakan pelayanan sesuai dengan prosedur yang ada.. Adapun faktor penghambat dari pembuatan Surat Keteragan Usaha (SKU) ini yaitu tanda tangan Lurah yang terlambat, serta fasilitas pelayanan yang masih kurang baik.

Saran mengenai penelitian ini yaitu pihak Kantor Kelurahan Selat Dalam perlu memperhatikan fasilitas pelayanan yang ada dan juga mencari cara baru agar tanda tangan Lurah bisa didapatkan lebih mudah dan tidak lagi terlambat.

 

Kata Kunci: Pembuatan,  Pelayanan, Surat Keterangan Usaha (SKU)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI