DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) Terhadap Keluarga Miskin Di Kelurahan Sungai Bilu Kecamatan Banjarmasin Timur
PENGARANG:ANISA AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-05


Anisa Amalia, 1910411320012, 2023. “Implementasi Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) Terhadap Keluarga Miskin Di Kelurahan Sungai Bilu Kecamatan Banjarmasin Timur”. Dibawah Bimbingan Taufik Arbain.

Penelitian ini berawal dari masih ditemukannya masyarakat miskin yang belum memperoleh Kartu Indoensia Sehat (KIS) di wilayah Kelurahan Sungai Bilu Kecamatan Banjarmasin Timur dan untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi program Kartu Indonesia Sehat di Kelurahan Sungai Bilu.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian desktriptif.  Selain itu peneliti juga menggunakan data primer yaitu wawancara, observasi, dan data sekunder yaitu dokumentasi, buku dan sumber relevan lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) Terhadap Keluarga Miskin di Kelurahan Sungai Bilu Kecamatan Banjarmasin Timur adalah: (1) Aspek Distribusi yang menunjukkan belum berjalan dengan baik, dimana belum meratanya pembagian Kartu Indonesia Sehat ke masyarakat. Kemudian (2) Aspek Sosialisasi yang masih kurang optimal sehingga menyebabkan masih adanya ketidaktahuan masyarakat tentang informasi-informasi terkait Kartu Indonesia Sehat. Dan (3) Koordinasi yang terjalin baik, dimana terjadi Kerjasama antara pihak dalam menjalankan program Kartu Indonesia Sehat. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pelaksanaan program Kartu Indonesia Sehat yaitu, terbatasnya kuota Kartu Indonesia Sehat yang disediakan, dan masih terbatasnya pemahaman dari pegawai kelurahan dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Bukan hanya itu keterbatasan pemahaman dan pengetahuan masyarakat juga masih rendahnya. Selain itu kurangnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan kartu sehingga ada kartu yang dinonaktifkan.

Saran dalam penelian ini diperlukan sosialisasi untuk menambah informasi dan pengetahuan kepada masyarakat dan kepada pelaksana program Kartu Indonesia Sehat, selain itu perlunya monitoring dan penambahan kuota agar terjadi pemerataan Kartu Indonesia Sehat kepada masyarakat miskin atau kurang mampu di Kelurahan Sungai Bilu dan Perlunya peningkatan kesadaran  masyarakat untuk menggunakan Kartu Indonesia Sehat agar tidak dinonaktifkan di kemudian hari.

       Kata kunci: Implementasi, Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI