DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTHER'S PARENTAL MEDIATION IBU TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH
PENGARANG:MUTIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-06


ABSTRAK

PENGARUHMOTHER’SPARENTAL MEDIATION TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN GAGDET PADA ANAK PRASEKOLAH

Mutia Rahmah

 

Prasekolah disebut juga sebagai masa bermain. Zaman sekarang alat bermain anak mulai banyak berubah menjadi permainan modern dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Salah satunya adalah banyaknya fasilitas pemberian dan penggunaan gadget oleh orangtua. Orangtua memiliki peran penting dalam mendampingi anak saat menggunakan gadget terutama Ibu. Peran Ibu yang mengawasi anak prasekolah dilingkungan rumah memiliki tugas penting untuk perkembangan anak prasekolah. Pengawasan orangtua melalui tipe-tipe parental mediation yaitu active mediation, co-use, restrictive mediation dan supervision. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui apakah mother’s parental mediation memiliki pengaruh terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak prasekolah di Kota Banjarbaru. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu purposive sampling dan jumlah responden yang didapat sebesar 115 orang. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala Child Screen Media use dan Parental Mediation Scale, serta dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu mother’s parental mediation secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh terhadap intensitas penggunaan gadget. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh penelitian sebesar 43% sedangkan 57% dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya.

Kata Kunci:  Intensitas gadget, parental mediation, prasekolah, ibu.

 

 

 


 

ABSTRACT

 

THE EFFECT OF MOTHER'S PARENTAL MEDIATION ON THE INTENSITY OF GAGDET USE IN PRESCHOOL CHILDREN

Mutia Rahmah

Preschool is also known as the period of play. Nowadays more children's playing tools are modern games with technological developments. One of the causes is the facilities provided by parents for the children to use gadgets. Parents have an important role in accompanying children when using gadgets, especially mothers. The role of mothers who supervise preschoolers in home environment is important for the development of preschoolers. Parental supervision is carried out through several types of parental mediation, namely active mediation, co-use, restrictive mediation and supervision. This study was conducted to find out whether mother's parental mediation had an effect on the intensity of gadget use in preschool children in Banjarbaru City. The sampling technique used was nonprobability sampling, namely the purposive sampling and the number of respondents was 115 persons. Two measurement instruments included the Child Screen Media Use Scale and the Parental Mediation Scale, and data were analyzed using the multiple linear regression. The results showed that the mother’s parental mediation simultaneously had an effect on the intensity of gadget use. The coefficient of determination showed that the effect of the study was 43% while 57% was influenced by several other factors.

Keywords: Intensity of gadget use, parental mediation, preschool, mother

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI