DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SEKOLAH DASAR (Studi Multikasus di SDN Paringin 1 dan SDN Paringin 2 Balangan)
PENGARANG:MUHAMMAD NOORKHALIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-08


ABSTRAK

Noorkhalis, Muhammad. 2022. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di Sekolah Dasar (Studi Multikasus di SDN Paringin 1 dan SDN Paringin 2 Balangan). Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D, Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D.

Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Mutu Terpadu.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan prinsip fokus pada kepuasan pelanggan di SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan, (2) pelaksanaan prinsip respek terhadap semua orang pada SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan. (3)pelaksanaan prinsip kepemimpinan pada.SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan. (4) pelaksanaan prinsip perbaikan terus menerus pada SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi multi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru yang ditentukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan analisis data dalam situs, analisis situs individual dan analisis data lintas kasus.

Hasil penelitian menunjukkan: 1). Prinsip fokus pada kepuasan pelanggan di SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan diupayakan melalui penyediaan sumber daya dalam proses belajar mengajar, mulai dari guru yang berkompeten dan pendanaan yang bersumber dari Pemerintah dan swasta. Selain itu juga didukung oleh fasilitas sarana dan prasarana yang memadai sehingga mendukung proses belajar mengajar dan operasional pendidikan di sekolah yang berkualitas. 2) Prinsip respek pada semua orang dilaksanakan melalui optimalisasi pemberdayaan guru yang dilakukan dengan pembagian tugas melalui penyusunan kadwal pelajaran dan penyelenggaraan proses belajar mengajar yang mengedepankan kebebasan guru dalam memilih dan meneraplan Metode, strategi serta model pembelajaran sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. 3) Kepemimpinan pada SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan diaktualisasikan melalui visi dan misi kepala sekolah yang sama-sama fokus pada peningkatan prestasi siswa di berbagai bidang. Selain itu kepala sekolah juga melibatkan bawahan dalam berbagai kegiatan baik secara fisik maupun melalui penyampaian gagasan, ide atau kritikan pada setiap rapat untuk menentukan keputusan terbaik. 4) Pelaksanaan prinsip berbaikan terus menerus berkenaan dengan manajemen mutu terpadu pada SD Negeri Paringin 1 dan SD Negeri Paringin 2 Balangan diselenggarakan melalui peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan supervisi, IHT, dan penugasan guru untuk mengikuti pelatihan eksternal dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana melalui monitoring dan pemeriksaan kondisi sarana dan prasarana secara berkala

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI