DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MONITORING PENGGUNAAN BARANG MILIK NEGARA OLEH KANWIL DJKN KALSELTENG (STUDI TANAH NEGARA LINGKUP KEMENKEU) DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NUR SETIYOWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-09


Nur Setiyowati, 1910411320021,2023, Efektivitas Monitoring Penggunaan Barang Milik Negara Oleh Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Studi Tanah Negara Lingkup Kemenkeu) di Kota Banjarmasin. Di Bawah bimbingan Sidderatul Akbar.

            Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) harus diperhatikan dan dikelola dengan sebaik mungkin karena kaitannya sangat erat dengan pendapatan negara, oleh karena itu diselenggarakan program monitoring Barang Milik Negara (BMN) yang dipantau melalui pelaksanaan Penetapan Status Penggunaan, Standar Barang dan Standar Kebutuhan, Portofolio dan Laporan Barang Milik Negara agar dalam Penggunaannya sesuai tugas dan fungsi dan digunakan sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam pelaksanaan monitoring Penggunaan Barang Milik Negara masih terdapat hambatan yaitu beban kerja yang tidak sebanding dengan sumber daya manusia,Pegawai yang kurang memahami pelaksanaan monitoring, keterbatasan biaya dan kurangnya kesadaran Satuan Kerja.

            Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan dengan tipe kualitatif, deskriptif untuk memberikan deskripsi dan gambaran faktual serta akurat sistematis. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari observasi dan wawancara, serta data sekunder dari buku, jurnal, dan peraturan.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa monitoring Penggunaan Barang Milik Negara (BMN) dilakukan sesuai dengan Peraturan Kementrian Keuangan No. 207/KM.6/2021 sejauh ini berjalan dengan cukup efektif, walaupun ada beberapa masalah dan kendala dalam pelaksanaannya. Adapun faktor penghambat dalam monitoring Penggunaan Barang Milik Negara (berupa tanah Negara lingkup Kemenkeu) wilayah Banjarmasin yaitu kurangnya karyawan pada bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Kemampuan anggaran, kepekaan satuan kerja. Saran dalam pelaksannan program monitoring perlunya meningkatkan kerjasama dan komunikasi yang baik terhadap KPKNL maupun Satuan Kerja, pemberian  pelatihan rutin kepada pegawai Kanwil DJKN Kalselteng maupun KPKNL , dan bagi Satuan kerja harus berpartisipasi dalam proses pelaksanaan monitoring penggunaan Barang Milik Negara.

Kata Kunci : Efektivitas, Monitoring, Penggunaan Barang Milik Negara.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI