DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Implementasi Kebijakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Terhadap Penerapan Good Governance Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:FALEHAH NABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-10


Falehah Nabila. 1910413120010. Pengaruh Implementasi Kebijakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Terhadap Penerapan Good Governance Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Mahyuni.

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi kebijakan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) terhadap penerapan good governance pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian bersifat eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket koesioner dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif variabel, uji validitas dan reliabilitas, uji analisis regresi sederhana dan pembahasan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Implementasi Kebijakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) terhadap Penerapan Good Governance pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Bumbu, dimana berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel bebas (X) : Pengaruh Implementasi Kebijakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) berdasarkan 4 (empat) aspek implementasi dari teori Edward III yaitu aspek komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi efektif dalam mempengaruhi penerapan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Hasil analisis deskriptif variabel terikat (Y) : Penerapan Good Governance berdasarkan 7 (tujuh) indikator yaitu indikator aturan hukum, transparansi, daya tanggap, orientasi kebijakan, efektivitas dan efisiensi, akuntabilitas dan perencanaan strategi memiliki keterkaitan satu sama lain. Hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai regresi sebesar 0,503 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga variabel X : Pengaruh Implementasi Kebijakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) berpengaruh terhadap variabel Y : Penerapan Good Governance.

Saran yang dapat diberikan yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Bumbu agar terus meningkatkan kinerjanya terutama pada kualitas pelayanan, karena sebagai instansi yang tugas utamanya adalah meningkatkan sumber daya aparatur di lingkup pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sangat penting sebagai langkah terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Kata Kunci : Implementasi, Good Governance, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI