DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA APARATUR DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN USAHA PADA KANTOR PEMERINTAH DESA WONOREJO KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:I MADE YOGA KUSUMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-11


I Made Yoga Kusuma, 1610411310009. 2022. Kinerja Aparatur Dalam Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Usaha Pada Kantor Pemerintah Desa Wonorejo Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Dibawah Bimbingan Avela Dewi.

?Pemerintah Desa Wonorejo memberikan beberapa pelayanan salah satunya yaitu pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Namun, sampai saat ini Pemerintah Desa Wonorejo belum memiliki SOP pada pelayanan pembuatan SKU. Penduduk Desa Wonorejo berjumlah 1.916 merupakan jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Kusan Hulu, tetapi hal ini tidak sebanding dengan aparatur Desa Wonorejo yang hanya berjumlah 11 Aparatur.

?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja aparatur Desa serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung kinerja Aparatur Desa Wonorejo dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif atau penjelasan.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder serta subjek dalam penelitian ini meliputi Kepala Desa Wonoreja, Kasi Pelayanan, dan masyarakat Desa Wonorejo.

?Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja aparatur dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kelurahan Baru secara keseluruhan sudah cukup baik, tercermin dari sudah baik nya produktivitas aparatur, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian, komitmen kerja, dan tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tugas-tugasnya. Namun, untuk kualitas kerja dalam memberikan pelayanan pembuatan SKU masing kurang baik. Faktor penghambat yang dalam pelayanan SKU masih kurangnya sumber daya manusia (SDM) serta kurangnya sarana dan prasarana, sedangkan faktor pendukung kinerja aparatur Desa dalam melayani pembuatan SKU adalah kemampuan aparatur dalam menguasai komputer.

Saran peneliti kepada Pemerintah Desa Wonorejo terkait pelayanan pembuatan SKU adalah untuk melengkapi sarana dan prasarana, menambah jumlah aparatur, serta mengajukan perbaikan gedung Desa Wonorejo kepada pemerintah daerah setempat.

Kata Kunci: Kinerja aparatur Desa, pelayanan publik, Surat Keterangan Usaha 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI