DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMASARAN PEMBENIHAN IKAN NILA “KOLAM RUNJAT” DI DESA SUNGAI LANDAS KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:VIVI ARIANI SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-12


ANALISIS  PEMASARAN PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) “KOLAM RUNJAT” DI DESA SUNGAI LANDAS KECAMATAN KARANG INTAN KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN

 

 

Vivi Ariani Safitri1),Irma Febrianty2),Tri Dekayanti2)

Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, FPK Universitas Lambung Mangkurat

Jl.A. Yani KM 36, Banjarbaru, 70714, KALSEL

1)Mahasiswa Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan

2)Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan

Coresponding email: (viviarianis@gmail.com)

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran dan peluang pasar,di Desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Penentuan lokasi daerah penelitian di “kolam runjat” Desa Sungai Landas. Data yang digunakan adalah data primer  yang diperoleh dari pembenih ikan,pedagang pengumpul,dan konsumen,serta pengumpulan data dilakukan melalui survei,observasi,wawancara dan dokumentasi. Data sekunder meliputi peta lokasi penelitian,buku,artikel ilmiah dan berbagai website yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Metode pengambilan sampel untuk pembenihan ikan nila adalah purposive sampling dan untuk lembaga pemasaran adalah snowball sampling. (a) Hasil analisis saluran pemasaran menunjukkan bahwa ada 2 jenis saluran 1) Pembenih menjual ke konsumen(lokal) 2) Pembenih menjual ke pedagang pengumpul (luar daerah). jumlah pengiriman benih terbanyak ke pasar lama sebanyak 250.000 .(b) Hasil analisis peluang pasar terdiri dari jumlah permintaan sebanyak 566.000 ekor dengan jumlah penawaran 428.400 ekor dengan presentase 31%.

 

Kata Kunci: Pembenihan Ikan Nila ,Analisis, Saluran, Pemasaran, Peluang Pasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI