DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN YAYASAN SAHABAT BEKANTAN INDONESIA KEPADA MASYARAKAT DI SEKITAR PULAU CURIAK KABUPATEN BARITO KUALA TERHADAP HABITAT BEKANTAN (NASALIS LARVATUS) SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD AZHARI MUTAQIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-13


Bekantan merupakan satu fauna yang dilindungi, sebab keberadaannya yang terancam punah. Bekantan di Pulau Curiak termasuk habitat yang berada di luar kawasan perlindungan pemerintah. Adapun peranan SBI dalam pelestarian habitat Bekantan di Pulau Curiak yang dibantu masyarakat sangatlah penting untuk dilakukan. Tindakan tersebut merupakan satu kegiatan sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS. Materi pembelajaran IPS yang ideal diharapkan mampu membuat pembelajaran menjadi bermakna serta diharapkan dapat memuat materi lokal sebagai sumber belajar.

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui gambaran habitat Bekantan di Pulau Curiak. 2) Untuk mengetahui peran SBI kepada masyarakat di sekitar Pulau Curiak terhadap habitat Bekantan. 3) Untuk mengaitkan peran SBI kepada masyarakat di sekitar Pulau Curiak terhadap habitat Bekantan sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang didapat berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta verifikasi. Adapun uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan cara triangulasi dan perpanjangan pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Habitat Bekantan di Pulau Curiak berada di bawah monitoring yayasan SBI serta di sana terdapat 35 ekor Bekantan yang terbagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok Alfa, Bravo, dan Charlie dengan luas habitat berkisar 4,2 – 4,5 Ha. 2) Peran yayasan SBI kepada masyarakat terhadap kehidupan Bekantan yakni kerjasama SBI dengan masyarakat khususnya Pokdarwis dalam kegiatan patroli kawasan, program restorasi, dan tindakan melaporkan ke pihak yang berwenang jika terjadi sesuatu yang buruk dengan Bekantan. 3) Penelitian ini dapat dikaitkan dengan materi IPS tentang Manusia, Tempat, dan Lingkungan khususnya pembahasan persebaran fauna di Indonesia sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peran dari SBI kepada masyarakat memiliki kebermanfaatan terhadap habitat Bekantan serta dalam konteks pendidikan dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI