DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN TATA USAHA, PROTOKOL DAN KEHUMASAN DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NURUL QAMARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-13


ABSTRAK 

Nurul Qamariah, 1910411320011, 2023, Kinerja Pegawai pada Bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah bimbingan Aulia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pegawai pada Bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan mengetahui faktor penghambat Kinerja Pegawai pada Bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dari penelitian ini adalah dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Kepala Bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan, Kasubag Umum Kepegawaian dan Keprotokolan, Kasubag Rumah Tangga, Kelengkapan dan Kehumasan, Pegawai Bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan, dan Anggota Dewan. Proses analisis data menggunakan tahapan menurut Miles dan Huberman (1994) dalam Salim & Syahrum (2012: 147), yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. 

Kinerja pegawai diukur dari pelaksanaan pelayanan yang meliputi pelayanan tata usaha, administrasi dan sarana prasarana, pelayanan keprotokolan dan pelayanan kehumasan. Hasil penelitian menunjukkan kinerja pegawai pada bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan sudah baik. Meskipun masih terdapat pegawai yang terlambat dalam indikator ketepatan waktu untuk pelaksanaan pelayanan keprotokolan, tetapi pada pelayanan dan indikator lainnya sudah baik. Diukur berdasarkan indikator kinerja pegawai menurut Wilson Bangun (2012), yaitu kuantitas pekerjaan, kualitas pekerjaan, ketepatan waktu, kehadiran dan kemampuan kerjasama. Faktor penghambat dari kinerja pegawai yaitu keterbatasan prasarana, dan kurangnya tingkat pendidikan pegawai. Beberapa hal yang perlu disarankan dari penelitian ini, yaitu agar pegawai diberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga kinerja pegawai dapat lebih baik lagi dan untuk pegawai Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan agar dapat meningkatkan kinerja pelayanannya. 

 

Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Bagian Tata Usaha, Protokol dan Kehumasan 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI