DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Inovasi Pelayanan Pada Aplikasi Taruma Dokbit (Daftar di Rumah Dokumen Terbit) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:INTAN SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-13


ABSTRAK

Intan Sari. 1910411320034. Inovasi Pelayanan Pada Aplikasi Taruma Dokbit (Daftar di Rumah Dokumen Terbit) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Kuala. Dibawah bimbingan Aulia.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui inovasi pelayanan pada Aplikasi Taruma Dokbit (daftar di rumah dokumen terbit) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Kuala serta faktor yang menjadi penghambat inovasi pelayanan pada aplikasi Taruma Dokbit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Kuala.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Kuala. Sumber data digunakan yaitu data primer dan data sekunder, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non-pasrtisipatif, wwawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan pada Aplikasi Taruma Dokbit sudah berjalan dengan baik. Dari 5 (lima) atribut inovasi yang dikemukakan oleh Rogerts yaitu adanya keuntungan yang dirasakan berupa kemudahan, efesieni waktu, biaya dan tenaga, juga terdapat kesesuaian inovasi dengan kebutuhan masyarakat serta mudah diamati masyarakat dan kemudahan untuk diakses. Namun, masih ditemukan adanya kerumitan yaitu dari tingkat pemahaman serta kemampuan masyarakat terhadap penggunaan teknologi internet dan juga sudah dilakukan uji publik awal diterapkannya inovasi tetapi tidak adanya sosialisasi lanjutan sehingga sebagian masyarakat tidak mengetahuinya. Adapun faktor pengambat yang ditemukan dalam pelaksanaanya yaitu kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terhadap Pelayanan berbasis online, masyarakat terkendala dalam menggunakan pelayanan dengan sistem online dan jaringan yang tidak lancar.

 

Saran untuk penelitian ini adalah diharapkan melakukan survey kepuasan masyarakat terkait inovasi Aplikasi Taruma Dokbit agar dapat dilihat dengan jelas bagaimana respon masyarakat terhadap adanya inovasi Aplikasi Taruma Dokbit, dan juga dapat mengadakan sosialisasi yang lebih intensif kepada masyarakat agar inovasi Aplikasi Taruma Dokbit dapat lebih dikenal dan digunakan oleh seluruh masyarakat, mengupayakan fasilitas inovasi terkait dengan server jaringan internet melakukan survey kepuasan masyarakat serta mengembangkan inovasi aplikasi Taruma Dokbit yang dapat dengan mudah diunduh melalui playstore sehingga dapat dengan mudah diakses masyarakat.

 

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi Taruma Dokbit.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI