DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Forum Sineas Banua Dalam Perkembangan Perfilman di Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:ADITIA IHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-13


ABSTRAK

Aditia Ihsan. 1710414310001. 2023. Peran Forum Sineas Banua Dalam Perkembangan Perfilman Di Provinsi Kalimantan Selatan. Dibawah bimbingan Dr. Fahrianoor, S.Ip.,M.Si dan Achmad Bayu Chandrabuwono, S.I.Kom, MA

Film dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia sebagai sebuah karya seni, Forum Sineas Banua sebagai organisasi perfilman yang independen yang mempunyai legalitas hukum, dengan menjadi naungan dari berbagai komunitas film yang ada di Kalimantan Selatan yang berperan sebagai forum apresiasi, edukasi dan distribusi film daerah Kalimantan Selatan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan pola komunikasi Forum Sineas Banua dalam perkembangan perfilman di Provinsi Kalimantan Selatan. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah peran Forum Sineas Banua dalam perkembangan perfilman di Provinsi Kalimantan Selatan bertujuan sebagai ekshibitor, edukator, apresiator dan arsip film bagi para sineas lokal, menyelenggarakan program berbasis pendidikan, menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder, menjadi jembatan penghubung (fasilitator) antara peserta didik dengan filmmaker profesional serta menciptakan jejaring sosial dan membangun kerjasama dengan para pegiat film daerah. Respon masyarakat terhadap program yang diselenggarakan oleh Forum Sineas Banua meliputi Respon kognitif yaitu masyarakat merasa memperolehan ilmu pengetahuan baru di bidang perfilman. Respon afektif masyarakat, menilai program workshop yang diselenggarakan baik atau bagus, berjalan dengan lancar serta pemateri menyampaikan materi dengan jelas dan mudah dipahami. respon behavioral yaitu masyarakat cenderung selalu berusaha mengikuti program workshop yang diselenggarakan oleh Forum Sineas Banua.

 

Kata Kunci : Peran, Organisasi, Sineas, film, Komunikasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI