DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN KASUS BUNUH DIRI PADA DINAS KESEHATAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NAILU AL-HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-13


ABSTRAK

Nailu Al-Husna, 1910413220025, 2023, Pencegahan dan Pengendalian Kasus Bunuh Diri pada Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,  di bawah bimbingan Siti Hamidah.

 

                Pelaksanaan penelitian ini ditujukan untuk melihat peran Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam pencegahan dan pengendalian kasus bunuh diri yang menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, dan beberapa Stackholder di beberapa kelurahan di Kota Banjarmasin, dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi.

          Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam pencegahan dan pengendalian kasus bunuh diri belum efektif. Tidak terlihat keberhasilan program, kepuasan terhadap program, serta pencapaian tujuan secara keseluruhan dalam pelaksanaan pencegahan dan pengendalian kasus bunuh diri yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Hal itu terbukti dari banyaknya masyarakat yang kebingungan dalam melaporkan kasus, para Lurah yang tidak merasakan adanya peran terkait, kasus yang bermunculan setiap tahunnya, dan Dinas Kesehatan yang bahkan tidak memiliki data kasus bunuh diri, sehingga terjadilah keburaman dalam peran Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dalam pencegahan dan pengendalian kasus bunuh diri.

          Saran yang diberikan berdasakan hasil penelitian yang ditemukan, terutama kepada Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin agar bisa memanfaatkan perpanjangan tangannya yaitu Puskesmas dengan sebaik mungkin. Lalu, menganggarkan dana untuk melaksanakan sosialisasi terkait pencegahan dan pengendalian kasus bunuh diri ke kelurahan kelurahan, minimal satu tahun sekali, dan diharapkan untuk menyediakan jasa konsultasi atau call center.

 

Kata Kunci: Pencegahan, Pengendalian Kasus Bunuh Diri, Dinas Kesehatan.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI