DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Sikap Lilin Dengan Metode Pembelajaran Part And Whole Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sungai Batang 1 Martapura Kabupaten Banjar
PENGARANG:MUHAMMAD HASBI YASIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-14


ABSTRAK

 

MUHAMMAD HASBI YASIR. 2021. Analisis Upaya meningkatkan hasil pembelajaran sikap lilin pada peserta didik kelas V SDN Sungai Batang 1 Martapura Barat Kabupaten Banjar. Skripsi, Prodi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Nurdiansyah, M.pd. (II) Mita Erliana, S.Pd, M.Or.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sikap lilin pada peserta didik kelas V SDN Sungai Batang 1 Martapura Barat Kabupaten Banjar dengan jumlah 12 peserta didik. Instrument yang digunakan yaitu praktik tindakan kelas (PTK)., dengan kelengkapan seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Observasi, Kamera, Tes Praktek.

 Hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang telah tuntas sebanyak 8 siswa dengan presentase 63.89%, dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 siswa dengan presentase 36.11%. Sedangkan pada siklus II setelah mengikuti proses pembelajaran sikap lilin menggunakan metode part and whole, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut, nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 73, dapat disimpulkan bahwa frekuensi terbesar ada  pada interval 77-78 dengan prosentase 25% dan frekuensi terkecil terdapat pada interval 85-86 dengan prosentase 5.56%.

Maka dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang telah tuntas pada siklus ini meningkat menjadi 10 siswa dengan presentase 91.67% dan jumlah siswa yang belum tuntas berkurang menjadi 2 siswa dengan presentase 8.33%, dan dapat disimpulkan hampir tidak ada peserta didik yang memiliki nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Presentase peserta didik yang mencapai ketuntasan setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai 63.89%. Hasil tersebut kemudian dianalisis untuk melihat peningkatan kemampuan sikap lilin denggan menggunakan metode part and whole. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II maka diperoleh presentase peserta didik mencapai ketuntasan 91.67%. dengan demikian terjadi peningkatan dalam pembelajaran sikap lilin denggan mengggunakan metode part and whole.

 

Kata Kunci: Analisis Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Sikap Lilin, Metode Pembelajaran Part And Whole  Pada Peserta Didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI