DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR YANG BERPERAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI DI SMA PGRI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI RAISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-17


ABSTRAK

Siti Raisyah, 2023. Faktor Yang Berperan Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Cucu Widaty.

Kata Kunci: Faktor, Proses Belajar, Sosiologi.

Dalam Proses pembelajaran terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang mana dalam proses belajar dan mengajar merupakan suatu kondisi tertentu yang dialami oleh para siswa seperti di SMA PGRI 6 Banjarmasin, dimana siswa kelas XI belajar dalam mata pelajaran sosiologi, dapat kita lihat pada nilai mata pelajaran sosiologi mereka yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimal(KKM). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran faktor yang berperan dalam proses pembelajaran siswa- siswi kelas XI dalam mata pelajaran sosiologi. (2) Mengetahui strategi guru dalam proses belajar dan mengajar di SMA PGRI 6 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang berperan dalam proses pembelajaran siswa-siswi kelas XI dalam mata pelajaran sosiologi di SMA PGRI 6 Banjarmasin yaitu berasal dari beberapa faktor internal seperti kecerdasan, bakat, minat, dan motivasi sedangkan faktor eksternal yaitu faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat, (2) Strategi guru dalam proses belajar dan mengajar pada pelajaran sosiologi yaitu dalam proses belajar mengajar guru melaksanakan a.) perencanaan yaitu berupa menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media, bahan ajar, power point, gambar, dan video. b.) Penyampaian, yaitu guru mengajar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah di rancang. c.) pelatihan yaitu guru membangun minat siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), siswa di dorong untuk aktif dalam skema pembagian tugas kelompok, dan tugas di presentasikan. d.) Penampilan Hasil guru melaksanakan tes berupa ulangan harian dan Ulangan Tengah Semester.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Siswa dapat memahami pembelajaran sosiologi dengan baik (2) Siswa lebih peka mengenai masalah- masalah yang ada di masyarakat dan sekitar lingkungan (3) Guru pada saat menyampaikan materi pelajaran lebih baik menggunakan strategi, model yang berbeda di setiap pembelajaran dan penugasan tugas kelompok agar siswa lebih aktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI