DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DENGAN KONTEKS MAKANAN KHAS BANJAR UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS VII SMP/MTS
PENGARANG:AHMAD FAISAL RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-04-29


Kurikulum yang berlaku saat ini terdiri dari Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 yang disederhanakan, dan Kurikulum Merdeka. Pemerintah secara bertahap mewajibkan sekolah-sekolah untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Perangkat pembelajaran pada kerangka Kurikulum Merdeka disebut sebagai modul ajar. Modul ajar dengan memuat konteks makanan khas Banjar diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi matematika yang dibelajarkan. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan modul ajar dengan konteks makanan khas Banjar pada materi persamaan linear. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model Plomp. Tahapan model Plomp terdiri dari investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, tahapan tes evaluasi dan revisi. Pada fase tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validasi modul ajar oleh tiga orang validator ahli. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh nilai rata-rata untuk semua aspek sebesar 3,81 dan berada pada kategori valid. Respon siswa terhadap modul ajar yang dihasilkan berada pada kategori baik. Hasil uji efektivitas modul ajar terhadap kemampuan bernalar kritis siswa sebesar 76 % dan berada pada kategori tinggi. Dengan demikian modul ajar dengan konteks makanan khas Banjar yang dihasilkan dapat dikatakan valid dan efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI