DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, MOTIVASI, ETOS KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Eva Marlina Simanungkalit
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-03


ABSTRAK

 

Marlina, 2023. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj Aslamiah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Ngadimun, MM.

Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Motivasi, Etos Kerja, Kinerja Guru

              Kinerja guru merpakan wujud pencapaian hasil kerja selama periode tertentu dengan standar atau indikator yang telah ditetapkan. Kepemimpinan kepala sekolah sangat berperan dalam menuntun para pengikut atau anggota untuk dapat bersama-sama mencapai serangkaian tujuan, mendorong atau memotivasi anggota untuk dapat mencapai harapan atau target kerja yang lebih baik, menumbuhkan etos kerja yang baik, serta menyelaraskan nilai-nilai positif dalam sebuah organisasi untuk kinerja dan pencapain yang baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa  pengaruh langsung maupun tidak langsung kepemimpinan transformasional, motivasi, etos kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.

              Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik korelasi (correlation research). Populasi penelitian sebanyak 150 guru dan diambil 110 sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

              Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai regresi variabel adalah angka

positif seperti kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,201, koefisien regresi kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan motivasi kerja (Z) sebesar 0,352, koefisien regresi etos kerja (X2) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,247, koefisien regresi etos kerja (X2) dengan motivasi kerja (Z) sebesar 0,351, koefisien regresi motivasi kerja (Z) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,378, koefisien regresi kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) melalui motivasi kerja (Z) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,133 dan koefisien regresi etos kerja guru (X2) melalui motivasi kerja (Z) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,133.

              Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja dan motivasi dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamayan Kertak Hanyar dan terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan kepemimpinan transfromasional kepala sekolah dan etos kerja melalui motivasi dengan kinerja guru SD Negeri di kecamatan Kertak Hanyar. Saran kepada kepala sekolah lebih memberikan perhatian terhadap individu guna mencapai tujuan yang ditetapkan maupun peningkatan kinerja. Bagi guru di SD Negeri Kecamatan Kertak Hanyar disarankan untuk dapat meningkatkan efektivitas pemanfaatan sumber daya dalam meningkatkan hasil baik secara kuantitas maupun secara kualitas terhadap pekerjaan yang harus diselesaikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI