DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pemanfaatan Lahan untuk Kehidupan Sosial Masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:AYU FAJRIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-04


Hadirnya suatu lahan memiliki potensi yang berbeda di setiap wilayahnya. Berbagai potensi lahan tersebut tentunya dibarengi dengan pemanfaatan yang tepat. Desa Anjir Serapat Muara 1 merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Barito Kuala dalam perkembangannya juga menuntut perkembangan pada potensi lahan demi pemanfaatannya secara optimal terutama pada bidang kehidupan sosial masyarakat. Berangkat dari potensi yang dimiliki, desa ini maka akan memberikan kebermanfaatan bagi kehidupan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui potensi lahan yang bisa saja menjadi keuntungan besar bagi masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1, (2) Mengetahui berbagai pemanfaatan lahan oleh masyarakat untuk aktivitas kehidupan sosial masyarakat yang tinggal di Desa Anjir Serapat Muara 1, dan (3) Mengetahui berbagai pemanfaatan lahan oleh masyarakat untuk kehidupan sosial masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS.

Adapun metode yang diterapkan penulis pada penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif sehingga teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, kegiatan wawancara informan dan pengumpulan dokumentasi. Kemudian hasil dari penelitian ini disajikan dalam pembahasan secara deskriptif.

Hasil dari penelitian ini menyatakan potensi lahan Desa Anjir Serapat Muara 1 meliputi potensi fisik dan nonfisik. Adapun potensi fisik berhubungan dengan potensi tanah, potensi air dan potensi iklim dari desa. Sedangkan untuk potensi non-fisik meliputi kehidupan sosial masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1. Dengan potensi yang dimiliki desa ini, tentunya untuk pemanfaatan lahan tak jauh dari hal-hal mendukung kehidupan masyarakat di Desa Anjir Serapat Muara 1 seperti pemanfaatan lahan untuk permukiman, untuk fasilitas pelayanan masyarakat yang meliputi pelayanan kepemerintahan atau kesehatan serta pemanfaatan untuk kegiatan dan aktivitas terkait kehidupan sosial masyarakat di desa. Dalam penerapan pembelajaran IPS tidak hanya dilakukan dengan memanfaatkan buku teks saja. Saat ini pembelajaran IPS telah merefleksikan materi dari kehidupan masyarakat sebagai sumber belajar IPS.

Simpulan dari penelitian ini yaitu potensi suatu desa bergantung pada sumber daya yang dari desa dapat dipergunakan bahkan dikembangkan sehingga mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat di desa tersebut. Ketersediaan lahan yang masih sangat banyak membuat pemanfaatan lahan dapat dieksplorasi dengan maksimal oleh masyarakat menyesuaikan kebutuhan dan keadaan kehidupan sosial masyarakat desa yang masih tergolong tradisional dan hubungan kekerabatan yang dekat dengan kadar interaksi antar-masyarakatnya. Dengan demikian hal ini akan menjadi menrik apabila dijadikan sebgai sumber belajar berbasis lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI