DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI LITERATUR ANALISIS PADA MATERI KEHIDUPAN MANUSIA PURBA PADA ZAMAN PRASEJARAH DI INDONESIA KELAS VII SEMESTER GENAP
PENGARANG:MUHAMMAD RIDHO AL WAHID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-04


ABSTRAK

M. Ridho. Al. Wahid. 2021. Studi Literatur: Analisis Pada Materi Kehidupan Manusia Purba Pada Zaman Prasejarah Di IndonesiaKelas VII Semester Genap. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

Pembelajaran IPS di sekolah pada masa sekarang ini sangat memerlukan buku ajar. Buku ajar merupakan sumber materi yang sangat penting dan disusun berdasarkan standar pendidikan. Sayangnya buku IPS yang kita pakai saat ini adalah buku IPS terbitan kementrian pendikan yang belum memuat semua materi lokal khususnya Kalimantan Selatan. Materi lokal merupakan satu hal yang sangat penting untuk ditambahkan sebagai materi dalam buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan materi kehidupan manusia pada masa pra aksara, menganalisis kompetensi dasar dan materi tersebut, kemudian menambahkan materi praaksara kelokalan khususnya daerah Kalimantan Selatan, dan melakukan scanning terhadap kesalahan yang ada pada buku ajar.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Adapun sumber yang digunakan untuk penelitian ini adalah buku offline, E-book, skripsi, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan dengan objek yang diteliti. Data yang telah didapat kemudian berbentuk teks deskriptif dan kemudian dianalisis untuk ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini berupa dua pembahasan yaitu gambaran umum materi kehidupan pada masa prasejarah yang memuat: lingkungan alam pada masa prasejarah, manusai purba pada masa holosen, kehidupan manusia pada masa holosen, dan periodisasi pada masa pra aksara. Adapun yang ke dua yaitu analisis kesesuaian pada buku IPS semester genap yang berisi tentang pembahasan analisis antara materi dan KD serta penemuan kesalahan pada buku. Penambahan materi lokal pada buku merupakan hal yang wajib dilakukan oleh guru karena materi tersebut sangat diperlukan agar peserta didik mengenal lingkungannya dengan baik.

 

Kata Kunci: Buku Ajar, Materi Lokal, IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI