DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI GURU, FASILITAS SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SD ISLAM SE-KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-08


ABSTRAK

 

Muhammad Rizki. 2023. Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru SD Islam Se-Kota Banjarmasin. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph. D., (II) Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes., AIFO.

 

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Fasilitas Sekolah, Motivasi Kerja, Prestasi Kerja Guru

 

Prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Faktor yang mempengaruhi prestasi kerja guru diantara: kompetensi guru, fasilitas sekolah dan motivasi kerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru, fasilitas sekolah dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja guru di SD Islam Kota Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian korelasional dengan analisis jalur. Populasi pada penelitian ini yaitu guru SD Islam Kota Banjarmasin sebanyak 544 orang dan sampel berjumlah 231 orang ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara: (1) kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru sebesar 0,419, (2) fasilitas sekolah terhadap prestasi kerja guru sebesar 0,438, (3) motivasi kerja terhadap prestasi kerja guru sebesar 0,155, (4) kompetensi guru terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,541, (5) fasilitas sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 0,360, (6) kompetensi guru terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi kerja guru dengan uji sobel sebesar 4,224 > 1,96, (7) fasilitas sekolah terhadap prestasi kerja guru melalui motivasi kerja guru dengan uji sobel sebesar 3,29 > 1,96.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan beberapa hal: (1) guru sebagai pelaku pendidikan hendaknya lebih aktif dalam meningkatkan prestasi kerja, (2) guru di sekolah hendaknya meningkatkan kompetensi dan motivasi dalam bekerja, (3) kepala sekolah selalu memperhatikan kelengkapan fasilitas sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI