DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL HEMATOLOGI TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) JANTAN WISTAR KOLESTEROL TINGGI SETELAH PEMBERIAN MINYAK IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus)
PENGARANG:Sri Hartinah -410
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-10


 

PROFIL HEMATOLOGI TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) JANTAN WISTAR  KOLESTEROL TINGGI SETELAH PEMBERIAN MINYAK IKAN PATIN (Pangasius hypophthalmus) (oleh Sri Hartinah; pembimbing: Heri Budi Santoso; 2023

 

Pemeriksaan hematologis merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi beberapa perubahan status kesehatan. Kolesterol tinggi adalah peningkatan kadar kolesterol total dalam plasma, penyakit ini dapat disebabkan dari gaya hidup yang tidak sehat mulai dari pola makan yang tidak seimbang sampai kurangnya aktivitas olah raga. Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai kandungan lemak atau minyak yang tinggi dan tidak membahayakan bagi kesehatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji profil hematologi (Hemoglobin, eritrosit, hematokrit, trombosit, dan leukosit)  Tikus putih (Rattus norvegicus) jantan wistar kolesterol tinggi setelah pemberian minyak ikan patin (Pangasius hypophthalmus). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan menggunakan 25 tikus putih jantan galur wistar yang dibagi ke dalam 5 perlakuan dan 5 pengulangan yaitu kontrol positif (atorvastatin 0,18 mg), kontrol negatif (Aquades), ekstrak minyak ikan patin (dosis 183 mg/KgBB, 366 mg/KgBB, dan 549 mg/KgBB). Data hasil penelitian profil hematologi setelah pemberian ekstrak  minyak ikan patin dianalisis dengan SPSS, selain itu dibandingkan juga dengan kadar profil hematologi normal dari tikus putih menurut nilai baku. Hasil penelitian mendapatkan bahwa profil hematologi tikus putih jantan kolesterol tinggi setelah pemberian minyak ikan patin  tidak mengalami perubahan secara signifikan namun, berdasarkan data nilai baku menunjukkan kecenderungan terhadap penurunan jumlah hemoglobin, eritrosit, hematokrit, dan trombosit juga meningkatkan nilai leukosit namun tetap mempertahankan jumlah MCV, MCH, MCHC tetap pada batas normal atau tidak mengalami peningkatan ataupun penurunan.

 

kata kunci : Ekstrak minyak ikan patin, profil darah, kolesterol tinggi, tikus wistar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI