DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS STRATEGI DAN POLA PENGEMBANGAN WISATA AIR TERJUN BAJUIN DI KABUPATEN TANAH LAUT SEBAGAI TEMPAT TUJUAN WISATA UNGGULAN
PENGARANG:Ridwan Noorfajri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-11


Ridwan Noorfajri (2023), Strategi dan Pola Pengembangan Wisata Air Terjun Bajuin di Kabupaten Tanah Laut Sebagai Tempat Tujuan Wisata Unggulan. Pembimbing Dr. H. Ahmad Yunani, S.E, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Faktor internal dan eksternal pengembangan pariwisata Air Terjun Bajuin, (2) Strategi pengembangan Air Terjun Bajuin di Kabupaten Tanah Laut , (3) Pola pengembangan Air Terjun Bajuin di Kabupaten Tanah Laut.

Responden dalam penelitian ini ada sebanyak 52 responden wisatawan dan 5 responden yang dianggap ahli atau pakar terhadap strategi pengembangan objek wisata Air Terjun Bajuin. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukan 1. Karakteristik wisatawan objek wisata Air Terjun Bajuin yang memiliki persentase tertinggi adalah responden yang berumur 10-20 tahun, berasal dari wilayah Banjarmasin, mayoritas dari wisatawan adalah laki-laki, total kunjungan 2-5 kali ke objek wisata Air Terjun Bajuin, tingkat pendidikan SLTA/sederajat, selain itu pendapatan wisatawan berkisar <Rp 1.000.000, kebanyakan datang bersama rombongan, 2. Strategi pengembangan yang paling tepat adalah strategi S-O yaitu, (1) Peningkatan dan mempertahankan kualitas keindahan alam obyek wisata untuk membuat nyaman dan bisa dipromosikan oleh wisatawan melalui media sosialnya masing-masing. (2) Peningkatan Suasana Obyek wisata agar memberikan kenyamanan serta menambah wahana baru di kawasan Obyek wisata. 3. Pola Pengembangan yang tepat merupakan (1) Peningkatan koordinasi antara masyarakat lokal, pengelola, dan pemerintah daerah, serta memberikan himbauan kepada wisatawan yang datang untuk memelihara dan mejaga kebersihan obyek wisata agar Air Terjun Bajuin bisa berkembang menjadi wisata yang maju di Kabupaten Tanah Laut. (2) Peningkatan sistem informasi yang menggunakan IT, seperti internet untuk para wisatawan agar bisa menyebarluaskan Obyek Wisata Air Terjun ke khalayak ramai seperti media sosial pribadi wisatawan. (3) Menambah wisata baru di sekitar Obyek Wisata Air Terjun Bajuin untuk menarik perhatian para wisatawan agar berdatangan ke obyek wisata.

Kata Kunci: Strategi, Pola Pengembangan, Objek Wisata Air Terjun Bajuin, Wisatawan, Metode Analisis SWOT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI