DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN PERTANIAN MASYARAKAT DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA1 SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:SUSANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-11


Susana, 2023. Kegiatan Pertanian Desa Anjir Serapat Muara 1 Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

Manusia perlu belajar dari lingkungannya untuk memperoleh pengetahuan sebanyak-banyaknya, dan pendidikan IPS sangat erat kaitannya dengan kesadaran lingkungan dan aktivitas masyarakat di manapun dapat dijadikan sebagai sumber belajar tidak hanya di sekolah. Termasuk juga kegiatan pertanian yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPS masih kurangnya pemanfaatan lingkungan yang digunakan oleh guru sebagai sumber belajar IPS.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan pertanian di Desa Anjir Serapat Muara 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala dan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pertanian di Desa Anjir Serapat Muara 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatif. Kajian ini berfokus pada kegiatan pertanian masyarakat Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS sebagai respon terhadap permasalahan yang teridentifikasi. Instrumen penelitian ini menunjang pelaksanaan maka peneliti melaksanakan tahapan pengumpulan data dengan membuat pedoman observasi, wawancara, dan melaksanakan pengamatan serta dokumentasi di tempat penelitian. Uji Keabsahan data penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi.

Hasil penelitian kegiatan pertanian masyarakat Desa Anjir Serapat Muara 1 sebagai sumber belajar IPS adalah sebagai berikut: 1) Kegiatan pertanian masyarakat Desa Anjir Serapat Muara 1 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala, yaitu a. Persiapan lahan tanah b. Pemilihan bibit padi c. Persemaian bibit d. Penanaman e. Perawatan lahan f. Pemanenan g. Pengangkutan. 2) Kegiatan pertanian di Desa Anjir Serapat Muara 1 kecamatan Anjir Muara kabupaten Barito Kuala sebagai sumber belajar IPS sub materi pembelajaranpada materi Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial, materi Kegiatan Ekonomi di kelas VII dan materi Bentuk Perubahan Sosial Budaya kelas XI Kurikulum 2013. Materi Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Proses Pembuatannya pada tema 01 pada Kurikulum Merdeka.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pertanian masyarakat bisa kita ketahui ada tujuh tahapan dalam proses yang dilakukan petani, serta dalam konteks pendidikan dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Kata kunci : Masyarakat, Kegiatan Pertanian, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI