DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KOMPONEN DIGITAL CITIZENSHIP SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:SHOLEHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


Sholehah. 2023. Strategi Guru PPKn dalam Mengimplementasikan Komponen Digital citizenship sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dedy Ari Nugroho.

Kata kunci : Strategi Guru, Digital citizenship, Sumber Belajar

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pesatnya kemajuan teknologi informasi, dan membawa pengaruh pada bentuk partisipasi warga negara yang menggunakan media digital memunculkan konsep baru yaitu kewarganegraan digital (digital citizenship). Agar kewarganegaraan digital dapat dimanfaatkan dalam membangun kualitas pendidikan di Indonesia maka diperlukan strategi guru PPKn dalam mengimplementasikan komponen digital citizenship sebagai sumber belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan strategi guru PPKn dalam mengimplementasikan komponen digital citizenship sebagai sumber belajar, mengetahui kendala serta dampak dari pengimplementasian tersebut di SMA Negeri 8 Banjarmasin

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Strategi guru dalam pembelajaran PPKn sudah sangat tersusun rapi mulai dari mempersiapkan perencanaan, mental, pondasi, materi baik dari buku panduan ataupun buku pegangan guru, wajib melihat atau mempelajari materi di internet baik itu Youtube maupun Google tentang apa yang akan di ajarkan. 2) Meskipun sudah terlaksana dengan baik, masih terdapat kendala-kendala dalam mengimplementasikan komponen digital citizenship sebagai sumber belajar beberapa di antaranya adalah tentang daya tahan listrik yang tidak mencukupi, banyaknya pemakaian LCD secara bersamaan sehingga mengakibatkan seringnya mati lampu, dan terbatasnya kouta internet yang di mana fasilitas internet yang disediakan sekolah hanya terdapat pada ruangan tertentu saja. 3) Adanya internet atau media digital itu sangat berdampak terkhusus pada pembelajaran PPKn, pendidik maupun peserta didik akan sangat terbantu dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pembelajaran, membuat pelajaran menjadi tidak membosankan dan praktik mengajar menjadi lebih fleksibel.

Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasanya strategi guru dalam pembelajaran PPKn sudah sangat tersusun rapi walaupun masih terdapat beberapa kendala dalam pengimplementasiannya.

Saran yang diberikan peneliti terhadap penelitian ini adalah agar hendaknya guru mampu meningkatkan dan memilih strategi yang disesuaikan dengan minat dan motivasi siswa, beberapa tindakan dapat dilakukan seperti meningkatkan akses dan ketersediaan infrastruktur teknologi, memberikan perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai kepada siswa dan guru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI