DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Masyarakat Desa Anjir Serapat Muara dalam Memanfaatkan Sungai Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:JAIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


ABSTRAK

Jaimah, 2023,Aktivitas Masyarakat Desa Anjir Serapat Muara dalam Memanfaatkan Sungai Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I : Mahmudah Hasanah, M.Pd dan pembimbing II : Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Desa Anjir Serapat Muara  terletak di kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala memiliki sungai kecil dinamakan sungai anak Marabahan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, seperti mandi, mencuci bahkan mereka juga menggunakan untuk memasak dan  air minum dan. Hal ini dikarenakan pelayanan air bersih oleh PDAM belum ada sehingga pemenuhan air bersih di desa Anjir Serapat Muara sehingga masyarakat terpaksa memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain itu masyarakat desa Anjir Serapat Muara juga memanfaatkan sungai sebagai jalur transportasi pertanian. Oleh karena itu dengan adanya aktivitas masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai bisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Tujuan penelitian : 1) mendeskripsikan aktivitas masyarakat Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai, 2)mendeskripsikanaktivitas masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi,teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability,dependability dan confirmability.

Hasil penelitian: 1) Aktivitas masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai untuk memenuhi kebutuhan dan sebagai jalur transportasi pertanian, 2) Aktivitas Masyarakat desa Anjir SerapatMuara dalam memanfaatkan sungai untuk memenuhi kebutuhan  dan juga sebagai jalur transportasi pertanian bisa diintegrasikan kedalam sumber belajar IPS. Berdasarkan penelitian yang dilakukan masyarakat desa Anjir Serapat Muara dalam memanfaatkan sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dansebagai jalur transportasi pertanianbisa dijadikan sebagai sumber belajar IPS yakni dengan materi manusia, tempat dan lingkungan sangat relevan dengan materi IPS kelas VII bertujuan agar bisa meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik khususnya dalam mata pelajaran IPS.

Kata kunci : Aktivitas, Masyarakat, Sungai, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI