DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN MASYARAKAT DESA BERANGAS TIMUR
PENGARANG:NOR MALIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-24


ABSTRAK

Nor Maliana. 2023. Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Berangas Timur Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Desa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Zainul Akhyar.

Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Kepala Desa, Kepercayaan

Desa Berangas Timur terdapat kepala desa yang memimpin desa dalam 3 periode. Kepercayaan masyarakat desa terhadap kepala desa baik sehingga dapat menjabat sebagai pemimpin desa dalam 3 periode. Gaya kepemimpinan kepala desa dalam membangun kepercayaan masyarakat sehingga masyarakat mau memberikan kepercayaan mereka sampai 18 tahun dalam memimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan 1) Gaya kepemimpinan kepala desa dalam membangun kepercayaan masyarakat 2) Hambatan kepempimpinan kepala desa dalam membangun kepercayaan masyarakat.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarikkesimpulan.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala desa dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan visi dan misi desa. Kepala desa melayani masyarakat dengan baik sehingga masyarakat desa merasa dipedulikan dan menjadikan kepentingan masyarakat yang utama. Melakukan musyawarah dan bertanggung jawab untuk menjadikan desa sebagai desa berprestasi dan mandiri, (2) Adapun hambatan dalam kinerja desa tanggapan masyarakat masih belum dapat memahami dari aparat desa dalam program pembangunan desa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Desa Berangas Timur tertuju pada gaya visioner memimpin dengan berani, mau mendengarkan masukan, serta bertanggung jawab. Desamendapatkan pengharga desa berprestasi dan mandiri. Pemimpin desa dan aparat desa menjalankan tugas sesuai dengan visi dan misi desa dengan kerja sama masyarakat walaupun ada sedikit hambatan tetapi itu tidak menutup berkembang dan majunya desa. Saran yang diberikan peneliti hendaknya kepala desa agar selalu tetap mempertahankan kepribadian yang baik dan selalu mengutamakan kepentingan masyarakat dalam memimpin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI