DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDIDIKAN KARAKTER DI SMAN 1 ANJIR MUARA
PENGARANG:NORANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-25


Nor’Aniah. 2023. Pendidikan Karakter di SMAN 1 Anjir Muara. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M. Pd dan Pembimbing II: Mutiani, M. Pd.

Karakter dapat dibentuk melalui pendidikan, salah satunya lembaga yang dapat melaksanakan pendidikan karakter adalah Sekolah. Satu diantara wadah pembinaan karakter siswa di sekolah adalah melalui proses pembelajaran, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hal tersebut, pendidikan karakter bukan hanya sebagai pendidikan mengenai hal yang benar dan yang salah, melainkan lebih menekankan pada proses pembiasaan tentang perilaku yang baik. Adapun yang ingin peneliti fokuskan adalah pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di SMAN 1 Anjir Muara, dan 2) Menganalisis dan mendeskripsikan kendala peserta didik di SMAN 1 Anjir Muara dalam melaksanakan pendidikan karakter.

Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara dengan narasumber yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru Kelas 10 dan 11, dan Peserta didik Kelas 10 dan 11. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang membuat pedoman pengamatan, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan yang terakhir verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, member check, triangulasi sumber dan teknik.

Hasil Penelitian terhadap pelaksanaan pendidikan karakter di SMAN 1 Anjir Muara adalah sebagai berikut: 1) Dalam pelaksanaan pendidikan karakter di SMAN 1 Anjir Muara terdapat program yang diterapkan untuk menguatkan karakter para peserta didiknya. Pendidikan karakter dilaksanakan melalui: integrasi dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru mengembangkan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); budaya sekolah yang dibagi ke dalam beberapa bentuk kegiatan, antara lain kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan; dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, osis, dan PMR; dan 2) Kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik di SMAN 1 Anjir Muara, berasal dari lingkungan keluarga serta kemajuan teknologi yang tidak sejalan dengan pendidikan yang diterapkan di lingkungan sekolah.

Simpulan dari penelitian ini yaitu SMAN 1 Anjir Muara menanamkan beberapa nilai karakter yang dapat menguatkan pendidikan karakter para peserta didiknya. Nilai karakter tersebut dapat dilaksanakan melalui pengintegrasian ke dalam kegiatan pembelajaran, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Dari program tersebut sekolah memiliki kendala dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter yang berasal dari lingkungan keluarga dan kemajuan teknologi. Dengan demikian, lembaga pendidikan dan orang tua murid harus bekerja secara bersama-sama untuk meningkatkan kepribadian siswa, karena peserta didik sebenarnya tanggung jawab orang tua dan sekolah.

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Peserta didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI