DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI MARKETING POLITIK PARTAI GOLONGAN KARYA PADA PEMILU LEGISLATIF 2019 DI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SELVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-25


ABSTRAK

Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu untuk mengetahui marketing politik yang dijalankan sehingga perolehan kursi partai golkar mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 16 kursi dan faktor pendukung kemenangan partai golkar di Kab. Barito Kuala pada setiap pemilu terutama 2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan analisis data deskriptif untuk menggambarkan penelitian secara rinci dan informan penelitian ada 8 orang yaitu Ketua DPC Partai Golkar, Sekretaris Partai Golkar, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif 2019 (Ketua DPRD Kab. Barito Kuala dan 6 orang Masyarakat. Peneliti menggunakan marketing politik dengan konsep dari Niffenegger 4P (Product, Promotion, Price, dan Place) serta faktor perilaku pemilih (faktor psikologis, sosiologis dan rasionalitas).

          Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep partai golkar mencakup berbagai aspek kepentingan masyarakat terutama pembangunan dan pertanian di serta dalam pencapaian tujuan tidak terlepas dari pancasila dan UUD 1945. Personal Characteristic yang diusung partai golkar juga melekat dengan karakteristik dikenal dan disenangi oleh masyarakat. Promosi dilakukan melalui kampanye dialogis seperti kampanye akbar dan kampanye melalui media sosial. Kemudian harga menunjukan citra positif dan pemilih merasa nyaman. Tempat atau cara hadir partai golkar yaitu melakukan komunikasi langsung. Adapun yang menjadi faktor perilaku pemilih dalam kemenangan partai golkar ada 3 yaitu faktor psikologis, faktor sosiologis, dan faktor rasionalitas.

Kata Kunci: Strategi, Pemilu, Masyarakat, Kemenangan, Legislatif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI