DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MATERI AJAR TERMODINAMIKA BERBASIS COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:RISMA IKA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-26


Keterampilan memecahkan masalah dan kolaborasi menjadi keterampilan mendasar yang harus dimiliki peserta didik di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Studi awal menunjukan rendahnya keterampilan pemecahan masalah sebagian besar peserta didik serta kurangnya sumber belajar yang melatihkan keterampilan pemecahan masalah yang belum mendukung untuk berkolaborasi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan materi ajar termodinamika berbasis collaborative problem solving yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE. Subjek uji coba adalah 24 peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 6 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas materi ajar terkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,61; (2) kepraktisan materi ajar terkategori praktis dengan skor rata-rata 3,07; (3) efektivitas materi ajar terkategori tinggi dengan N-gain 0,75 dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik secara kolaboratif berdasarkan tes pemecahan masalah pada soal analisis terkategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa materi ajar termodinamika berbasis collaborative problem solving layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Collaborative problem solving, keterampilan pemecahan masalah, termodinamika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI