DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEORI KINETIK GAS BERBASIS COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:LAVENIA WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-26


Materi ajar teori kinetik gas berbasis collaborative problem solving belum tersedia. Hal ini menjadi salah satu faktor rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Olehnya, dilakukan penelitian bertujuan untuk menghasilkan materi ajar teori kinetik gas berbasis collaborative problem solving yang layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Secara khusus, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar. Pengembangan materi ajar mengacu pada model ADDIE. Rancangan uji coba penelitian menggunakan one group pretest-postest design dengan subjek uji coba 28 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 6 Banjarmasin. Data diperoleh melalui: lembar validasi, angket, dan tes keterampilan pemecahan masalah. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) validitas materi ajar skor rata-rata 3,34 berkategori valid, (2) kepraktisan materi ajar skor rata-rata 2,83 berkategori praktis, dan (3) efektivitas materi ajar dengan rata-rata pretest 12,46 berkategori sangat kurang baik, dan posttest rata-rata 85,11 berkategori sangat baik, serta rata-rata n-gain score 0,83 berkategori tinggi. Simpulan diperoleh yaitu materi ajar teori kinetik gas berbasis collaborative problem solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Collaborative problem solving, keterampilan pemecahan masalah, teori kinetik gas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI