DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Deskriptif Dampak Penggunaan Aplikasi Tik-tok terhadap Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 23 Banjarmasin
PENGARANG:MARETHA DWI YANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-27


ABSTRAK

Maretha Dwi Yani. 2023. Studi Deskriptif Dampak Penggunaan Aplikasi Tik-tok terhadap Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 23 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Nina Permatasari, S.Psi, M.Pd. (II) Rizky Ildiyanita, M.Psi, Psikolog.

 

Kata Kunci : Dampak Penggunaan Aplikasi Tik-tok, Kepercayaan Diri, Siswa

 

            Aplikasi Tik-tok merupakan salah satu aplikasi yang banyak diminati remaja saat ini hingga munculah fenomena yang diteliti yaitu dampak penggunaan aplikasi Tik-tok terhadap kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran dampak penggunaan aplikasi Tik-tok terhadap kepercayaan diri pada siswa kelas VIII di SMPN 23 Banjarmasin.

            Metode yang digunakan adalah pendekatankualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMPN 23 Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa pengguna aplikasi Tik-tok yang sesuai dengan kriteria. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi, display dan verifikasi data serta metode analisis deskriptif persentase.

            Hasil penelitian yang dapat disimpulkan yaitu penggunaan aplikasi Tik-tok pada siswa kelas VIII di SMPN 23 Banjarmasin memiliki dampak meningkatkan kepercayaan diri pada penggunanya, dikarenakan fitur-fitur yang menarik yang terdapat di dalam aplikasi serta aplikasi Tik-tok ini dapat menjadi wadah untuk penggunanya dalam melatih dan menunjukan kemampuan yang ada pada diri penggunanya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI