DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP TAYANGAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DI ACARA PESONA INDONESIA TVRI KALSEL
PENGARANG:diah rani prameswari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-05-29


ABSTRAK

 

Diah Rani Prameswari, 1810414620013, Persepsi Masyarakat Pada Tayangan Budaya dan Kearifan Lokal di Acara Pesona Indonesia TVRI Kalsel. Dibawah bimbingan Siswanto Rawali.

 

Acara Pesona Indonesia di TVRI Kalsel yang menyajikan berbagai informasi tentang budaya daerah setempat sangat mempengaruhi persepsi penonton khususnya masyarakat daerah. Dengan meyaksikan pilihan acara di televisi, salah satunya episode Pesona Indonesia “Biar Balainan Tatap Isa”, masyarakat dapat memperoleh hiburan dan informasi mengenai budaya daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat  pada tayangan budaya dan kearifan lokal di acara Pesona Indonesia TVRI Kalsel.

 

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan Kunci 1 orang pihak program Pesona Indonesia TVRI Kalsel, dan 4 orang informan pendukung yaitu masyarakat yang menyaksikan Pesona Indonesia “Biar Balainan Tatap Isa”. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif, dimana melalui tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan atau verivikasi.

 

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa persepsi masyarakat pada tayangan budaya dan kearifan lokal di acara Pesona Indonesia TVRI Kalsel dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut: (1) Latar belakang budaya berbeda tetap memberikan makna yang baik dalam tayangan tersebut dan membangun persepsi yang positif bagi masyarakat. (2) Pengalaman masa lalu memanggil kembali ingatan mereka dan menyimpan pesan dengan baik dari tayangan tersebut yang dianggap layak dan mudah diterima setelah menontonnya. (3) Nilai-nilai yang dianut dari tayangan tersebut membeerikan nilai-nilai yang positif yang mana masyarakat menilai bahwa tayangan tersebut adalah sesuatu yang benar menurut budaya yang mereka yakini. (4) Berita-berita yang berkembang masyarakat mengapresiasikan karena dengan adanya tayangan budaya dapat membantu masyarakat mengetahui budaya yang mungkin belum mereka ketahui sebelumnya.

 

 

 

Kata kunci : Persepsi , Tayangan Budaya, Kearifan  Lokal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI