DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN PPKn KELAS XII SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:TINA MULINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-05


Tina Mulina. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran PPKn Kelas XII SMA Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah.

 

Kata Kunci : Berpikir Kritis, PBL, PPKn

 

Kemampuan berpikir kritis merupakan komponen yang penting bagi para siswa. Kemampuan ini perlu diasah secara terus menerus dalam dunia pendidikan melalui pembelajaran. Model pembelajaran adalah rencana atau pola yang dapat digunakan untuk merumuskan kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang materi pembelajaran, dan memandu pembelajaran di kelas. Salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa rnimerupakan model pembelajaran berbasis masalah atau model Problem Based Leang karena penerapan model Problem Based Learning dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Berdasarkan observasi di SMA Negeri 4 Banjarmasin model pembelajaran yang dilakukan guru terhadap peserta didik menggunakan model konvensional sehingga disini peneliti mencari model baru yang digunakan yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen nilai thitung -6.221 dimana thitung > ttabel namun dengan arah yang negatif maka dari itu Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Banjarmasin. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai thitung -6.103 dimana thitung > ttabel maka dari itu Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI