DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENANGANAN STUNTING DI DESA SALIMURAN KECAMATAN KUSAN TENGAH KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


ABSTRAK

 

Hasanah,1920422320021,2023StrategiPemberdayaanMasyarakatDalamUpayaPenangananStuntingDiDesaSalimuranKecamatanKusanTengahKabupaten TanahBumbu,dibawahbimbinganDosen PembimbingIBapakH. BudiSuryadi,danDosen Pembimbing IIAhmadYunani.

Penelitian ini untuk menganalisa peran kader pembangunan manusia danmasyarakatdalamupayapenangananmasalahstuntingdiDesaSalimuran,menganalisastrategipemberdayaankaderpembangunanmanusiadalampencegahankonvergensistuntingdiDesaSalimurandanmenganalisafaktor-faktorpenghambatkaderpembangunandalampenangananstuntingdiDesaSalimuran.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifdenganpendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukandenganobservasi,wawancara,dokumentasidananalisisSWOTyangtersediaberkaitandenganpenelitianini.Analisadatadilakukandenganmenggunakanbeberapalangkahpokokyaknimereduksidatadanmenyajikandataprosesmengolahdatayangtelahdireduksidalambentukuraiansingkatyangmenggambarkanhasil temuan penelitian.

Penelitianinimenemukanhasilsebagaiberikut:1)PeranKaderPembangunanManusiadalampenangananstuntingsangatpentingdalammemfasilitasimasyarakatdesadalammerencanakan,melaksanakandanmengawasi pembangunan sumberdaya manusia di desa. 2)FaktorpenghambatdalampermasalahanyangdihadapiKaderPembangunanManusiadalammelaksanakan penanganan stunting di Desa Salimuran adalah belum optimalnyafungsikader,peningkatankapasitasyangdiberikanwaktunyamasihterbatassehinggabekaldilapanganbelummencukupidanpelatihanlanjutanbelumadadan masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang bahaya stunting. 3) Strategidalam program pemberdayaan masyarakat dalamupayapenanganan stunting diDesaSalimuranyangtepatdigunakanadalahstrategiSOataustrengthdanopportunity.StrategiSOadalahstrategiyangditetapkanuntukmendapatkanusaha yang optimal. Setelah mengetahui dan memanfaatkan kekuatan maka dapatmemanfaatkanpeluangyangadasecaramaksimal.4)Strategipemberdayaanmasyarakatyang dapatdilakukanadalahmenggunakananggaranyangtersediauntukpenangananstuntingsecaraoptimal,peningkatankapasitasSDMbisamelalui dukungan Pemerintah Kabupaten dan menjalin komunikasi antar pelakudanmembuat rencanakerjabersamadalampenanganan stunting.

 

 

Kata Kunci :Strategi,KaderPembangunanManusia,Stunting

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI