DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PANTAI MUARA INDAH SUNGAI LOBAN DI KECAMATAN SUNGAI LOBAN KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MUHAMAD ALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


ABSTRAK

Analisis Strategi Pengembangan Wisata Pantai Muara Indah Sungai Loban di Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu

Oleh : Muhamad Aldi

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,

Universitas Lambung Mangkurat

Kota Banjarmasin

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis strategi pengembangan dalam objek wisata Pantai Muara Indah yang terdapat di Kecamatan Sungai Loban Kab. Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Sampel penelitian berjumlah 100 orang pengunjung yang bersedia ditemui saat sedang berlibur di Pantai Muara Indah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Accidental Sampling. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Kekuatan faktor internal dari objek wisata alam PantaiMuara Indah yaitu keindahan panorama alam, ciri khas pantai berupa hamparan pohoncemara di sepanjang pesisirnya, dan juga sarana dan prasarana yang sudah memadai. Peluang faktor eksternal yaitu jarak objek wisata dengan jarak dari pusat kota tidak terlalu jauh, kemudahan akses lalu lintas, iklan objek wisata sering terlihat di media sosial, objek wisata ikut diperkenalkan langsung oleh masyarakat setempat melalui cinderamata yang dijual, sikap ramah penduduk lokal dan pedagang yang ada di objek wisata terhadap pengunjung, dan bahan bakar yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar area objek wisata. Berlandaskan analisis SWOT, potensi pengembangan objek wisata Pantai Muara Indah yaitu pada kuadran 1, yaitu strategiGrowth Oriented Strategy.Upaya pengembangan objek wisata Pantai Muara Indah yaitu menggandeng pihak pemerintah tingkat kabupaten maupun provinsi dalam pengembangan objek wisata. Memanfaatkan jarak objek wisata yang dekat dengan pusat kota dan kemudahan akses untuk menarik lebih banyak wisatawan. Memakaiseluruh media promosi yang ada untuk menjangkau semua kalangan masyarakat. Membuka peluang investasi swasta agar dapat membantu pengembangan objek wisata. dan Pengelolaan keamanan objek wisata dengan baik guna menarik wisatawan untuk berkunjung juga membantu menjaga kelestarian objek wisata.

Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, SWOT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI