DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SUBSEKTOR KATEGORI INDUSTRI PARIWISATA DAN REKREASI TAHUN 2020-2021)
PENGARANG:TIESA AMELIA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


Tiesa Amelia Safitri (2023), Pengaruh Leverage, Likuiditas, Profitablitas dan Aktivitas Terhadap Financial Distress Selama Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Perusahaan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Subsektor Kategori Industri Pariwisata dan Rekreasi Tahun 2020-2021). Pembimbing: Dr. Hj. Ade Adriani, SE, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas dan aktivitas terhadap financial distress di Perusahaan subsektor kategori industri pariwisata dan rekreasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada saat pandemi covid-19 yaitu pada tahun 2020-2021.

Penelitian dilakukan menggunakan paradigma kuantitatif dengan jenis pengujian hipotesis kausal. Unit analisis adalah perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia subsektor kategori industri pariwisata dan rekreasi dengan jumlah 39 perusahaan. Data sampel untuk periode pengamatan selama masa pandemi covid 19 di Indonesia adalah 2 tahun yaitu 2020 dan 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh data penelitian berasal dari data sekunder yang dikumpulkan dengan metode dokumentasi manual di website Bursa Efek Indonesia dan perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik dengan spss versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa leverage, likuiditas dan aktivitas berpengaruh terhadap financial distress. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap financial distress.

Kata Kunci: Financial Distress, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Aktivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI