DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODEL PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TAMAN KANAK-KANAK (STUDI MULTI SITUS DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS AMBULUNG DAN TAMAN KANAK-KANAK TUNAS BANGSA KOTA BANJARBARU)
PENGARANG:JULAIHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


Pandemi covid-19 berdampak pada proses pengembangan bahasa di Taman Kanak-Kanak. Model pembelajaran literasi baca tulis di masa pandemi covid-19 salah satu model pembelajaran untuk menstimulasi aspek perkembangan bahasa anak. Tujuan penelitian mendeskripsikan dan menganalisis model pembelajaran literasi baca tulis di masa pandemi covid-19 pada TK.

Metodologi penelitian melalui pendekatan kualitatif deskriptif desain multi situs. Pengumpulan data melalui wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Analisis data melalui analisis data tunggal pada TK Tunas Ambulung dan TK Tunas Bangsa dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data kemudian dilakukan analisis data lintas situs.

Hasil penelitian model literasi baca tulis di masa pandemi covid-19 menggunakan panduan Pemerintah, aktivitas pembelajaran melalui kegiatan bermain, menciptakan suasana menyenangkan dan menyediakan lingkungan kaya literasi baca tulis disekolah maupun dirumah, keterlibatan guru dengan meningkatkan  kompetensi kepala sekolah dan guru dalam komunitas belajar di sekolah maupun antar sekolah, bekerjasama dengan puskesmas, perpustakaan daerah dan memanfaatkan sarana prasarana yang terdapat di lingkungan rumah dan sekolah.

Model pembelajaran literasi baca tulis di masa pandemi covid-19 pada TK terlaksana dengan adanya kerjasama seluruh insan pendidikan dalam fasilitasi proses pembelajaran. Harapannya Taman Kanak-kanak di kota banjarbaru dapat menerapkan model pembelajaran literasi baca tulis di masa pembelajaran normal baru dan  dilakukan penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI