DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN EMPLOYEE RELATIONS DALAM MENINGKATKAN SENSE OF BELONGING PADA KARYAWAN BANK KALSEL KANTOR PUSAT
PENGARANG:TRISTANIA NALSYA NASPASYA PRASETYO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


           Employee relations diterapkan Bank Kalsel dengan baik sebagai bentuk perhatian perusahaan terhadap karyawannya sehingga dapat menciptakan rasa memiliki dan mengurangi tingkat turnover karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan employee relations di Bank Kalsel kantor pusat dalam upaya meningkatkan sense of belonging karyawan.

  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpuan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan konsep kegiatan employee relations oleh Rosady Ruslan dan Teori Manajemen Hubungan. 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Kalsel secara keseluruhan menerapkan konsep employee relations yang dikemukakan oleh Rosady Ruslan yaitu program Pendidikan dan pelatihan yang secara rutin diadakan sesuai kebutuhan karyawan dan perusahaan, program motivasi kerja berprestasi seperti bootcamp, program penghargaan seperti penghargaan berdasarkan masa kerja, program special event seperti perayaan HUT dan kegiatan Mozaik Ramadhan, serta program media komunikasi internal seperti mading dan akun sosial media resmi milik Bank Kalsel. Bank Kalsel juga berusaha maksimal dalam membangun lingkungan kerja yang baik dan memperhatikan arus komunikasi organisasi. Hal ini dapat dilihat dari perasaan dihargai dan perasaan nyaman yang dirasakan karyawan sehingga menimbulkan sense of belonging pada karyawan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI