DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN JUKUNG SEBAGAI SARANA TRANSPORTASI MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI DI DESA LOK BAINTAN DALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:ISNA FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


Isna Fitriani. 2023. Penggunaan Jukung sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Bantaran Sungai di Desa Lok Baintan Dalam Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum. dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Jukung merupakan alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat Desa Lok Baintan Dalam untuk berbagai aktivitas mereka. Mereka sering menggunakan jukung ke sawah, kebun dan juga untuk berdagang. Pembelajaran IPS bisa diintegrasikan dengan penggunaan jukung sebagai sarana transportasi masyarakat bantaran sungai di Desa Lok Baintan Dalam. Hal ini, dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber belajar yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan jukung terhadap masyarakat Desa Lok Baintan Dalam, (2) Mendeskripsikan keterkaitan transportasi penggunaan jukung sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat bagaimana penggunaan jukung pada masyarakat Desa Lok Baintan Dalam. Serta ingin mengetahui bagaimana penggunaan jukung dijadikan sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung ke tempat penelitian, melakukan wawancara dengan narasumber yang berjumlah sepuluh orang termasuk Lurah dan Masyarakat Desa Lok Baintan Dalam serta Guru IPS SMP. Observasi dilakukan secara langsung serta dengan melakukan dokumentasi berupa foto dan rekaman suara. teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas

Hasil penelitian yang diperoleh dari penjelasan yaitu (1) Penggunaan jukung sebagai sarana transportasi masyarakat Desa Lok Baintan Dalam. (2) Penggunaan transportasi jukung di Desa Lok Baintan bisa dikaitkan sebagai sumber belajar IPS yang dimasukkan kedalam materi IPS di buku teks kelas VII BAB tentang Manusia Tempat dan Lingkungan. Pada BAB ini membahas tentang bagaimana sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan terhadap lingkungan sekitarnya.

Kata Kunci: jukung, sarana transportasi, sumber belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI