DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Isi Pesan Edukasi Tentang Budaya Dayak Pada Akun Instagram @folksofdayak
PENGARANG:CLARA SINTHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


ABSTRAK

 

Clara Sintha, 1910414320046, 2022. Analisis Isi Pesan Edukasi Tentang Budaya Dayak Pada Akun Instagram @folksofdayak. Dibimbing oleh Achmad Bayu Chandrabuwono.

Folks of Dayak merupakan komunitas budaya Dayak yang dibentuk sebagai tempat berbagi pengetahuan tentang budaya Dayak. Komunitas ini menggunakan Instagram sebagai media informasi dengan pendekatan edukasi kepada khalayak luas. Pesan edukasi menjadi upaya untuk melestarikan dan mewariskan nilai- nilai budaya Dayak. Pada bulan September- November 2022, akun @folksofdayak aktif mengunggah konten yang mengandung pesan edukasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana isi pesan edukasi tentang budaya Dayak pada akun Instagram @folksofdayak.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik analisis isi kualitatif oleh Burhan Bungin. Penelitian ini juga dilakukan dengan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Dengan menggunakan analisis isi kualitatif, data yang berupa konten- konten pesan edukasi tentang budaya Dayak pada akun Instagram @folksofdayak dikategorisasikan menjadi nilai sosial, nilai religi, nilai budaya, dan nilai moral.

Hasil penelitian menunjukkan total 10 post pesan edukasi. 9 posts dengan nilai sosial digambarkan dengan sikap kerja sama, persahabatan, persaudaraan, kebersamaan, kepedulian, kerukunan, dan toleransi. Nilai religi berjumlah 8 post yang meliputi sikap percaya kepada Tuhan, berdoa, bersyukur, dan tabah. Nilai budaya berjumlah 7 posts yaitu sikap apresiasi dan melestarikan kebudayaan. Adapun nilai moral yang berjumlah 6 posts yang menggambarkan sikap berani, kerja keras, pantang menyerah, bersungguh- sungguh, percaya diri, kritis, mandiri, dan bertanggung jawab.

 

Kata Kunci : Analisis Isi, Pesan Edukasi, Budaya Dayak, Instagram

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI