DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD Dengan Teknik Reinforcement Positif
PENGARANG:Tasya Riaunia Firda
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


Riaunia Firda, Tasya . 1810127120022. 2022. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD Dengan Teknik Reinforcement Positif. Dosen Pembimbing I : Eviani Damastuti, M. Pd Dosen Pembimbing II : Septi Aryanti, M.Pd

Kata Kunci : Kemampuan Konsentrasi, Anak ADHD, Teknik Reinforcement Positif

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak ADHD yang mengalami permasalahan pada inatensi yaitu sulit memusatkan perhatian atau konsentrasi pada saat pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan teknik reinforcement positif dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD kelas I di SDI Al Madani Banjarbaru.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian single subject research (SSR). Desain dalam penelitian ini ialah A-B-A, yang mana A1 merupakan tahap pertama dalam mengamati perilaku subjek, B merupakan tahap intervensi atau diberikan treatment, dan A2 merupakan tahap pengulangan dari A1. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak ADHD. Sistem pencatatan data pada penelitian ini adalah pencatatan durasi yang mengukur lamanya suatu kejadian. Teknik analisis data menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi dengan penyajian data berbentuk visual grafik dan tabel.

Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi mengalami peningkatan terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A1), durasi kemampuan konsentrasi subjek ialah 1,15 menit, kemudian kondisi intervensi (B), durasi kemampuan konsentrasi subjek ialah 4,09 menit, dan kondisi baseline 2 (A2), durasi kemampuan konsentrasi subjek ialah 4,51 menit. Hasil overlap dari A1 ke B adalah 0% dan dari B ke A2 adalah 0%. Dapat disimpulkan bahwa teknik reinforcement positif dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI