DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN EDUKASI (RODA PUTAR) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 31 BANJARMASIN
PENGARANG:SAIDAH FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


ABSTRAK

Saidah Fitri, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Edukasi ( Roda Putar ) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 31 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Rabiatul Adawiah, Pembimbing (II) Muhammad Elmy

Kata Kunci : Media, Minat Belajar

            Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Minat belajar peserta didik akan meningkat tergantung pada media pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru. Penggunaan media permainan edukasi (roda putar) pada mata pelajaran PPKn memiliki pengaruh dalam peningkatan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media permainan edukasi (roda puatar) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 31 Banjarmasin.

            . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, yang mana peneliti mengambil sample kelas VIII yang berjumlah sebanyak 64 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung dalam penelitian ini. Teknis analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji rata-rata pada taraf signifikansi 0,05 untuk mengukur seberapa besar pengaruhnya.

            Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah peneliti kumpulkan dalam penelitian ini, nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000, dimana p atau signifikansinya lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefidien (r)=0,070. Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permaian edukasi (roda putar) efektif signifikan antara penggunaan media permainan edukasi (roda putar) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi guruagar lebih bisa berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran agar peserta didik dapat tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan dan lebih berminat dalam mengikuti pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI