DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan LKPD Digital Bermuatan Authentic Learning pada Materi Fluida Dinamis untuk Melatih kan Keterampilan Pemecahan Masalah
PENGARANG:DWI MUGI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-06


Keterampilan pemecahan masalah peserta didik kurang baik, salah satunya dikarenakan belum adanya bahan ajar pendukung yang melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD digital bermuatan authentic learning pada materi fluida dinamis yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Anjir Muara. Data diperoleh melalui lembar validasi untuk validitas, angket respon peserta didik untuk kepraktisan dan tes hasil belajar untuk efektivitas. Sedangkan analisis keterampilan pemecahan masalah diukur dari tiap butir soal tes pemecahan masalah menggunakan langkah-langkah keterampilan pemecahan masalah. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa validitas LKPD digital berkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,54, kepraktisan berkategori praktis dengan skor rata-rata 3,06 dan efektivitas LKPD digital berkategori tinggi dengan skor N-gain 0,75, serta pencapaian keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada kategori baik. Sehingga diperoleh simpulan bahwa LKPD digital bermuatan authentic learning pada materi fluida dinamis adalah layak digunakan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Kata Kunci: Authentic learning, fluida dinamis, keterampilan pemecahan masalah, LKPD digital

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI