DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEMIMPINAN KEPALA PAUD DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN SOSIAL FINANSIAL (STUDI MULTI SITUS PADA PAUD CITRA INDONESIA DAN PAUD AMALIA DI KOTA BANJARBARU)
PENGARANG:HELSYA HAYATI NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-07


ABSTRAK

Noor, Helsya, Hayati. 2022. Kepemimpinan Kepala PAUD dalam Mengembangkan Pendidikan Sosial Finansial (Studi Multi Situs pada PAUD Citra Indonesia             dan PAUD Amalia di Kota Banjarbaru) Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tesis, Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing:(I) Dr. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si., (II) Dr. Nina Permata Sari, S.Psi, M.Pd

 

Kata Kunci :Kepemimpinan Kepala PAUD, Pendidikan Sosial Finansial, Lembaga PAUD

 

Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang pendidikan sosial finansial di PAUD Citra Indonesia dan Amalia Kota Banjarbaru yang meliputi peran kepemimpinan kepala PAUD dalam mengembangkan pendidikan sosial finansial, strategi kepala PAUD dalam menciptakan iklim pembelajaran pendidikan sosial dan finansial, kompetensi yang diperlukan guru dalam melaksanakan pendidikan sosial finansial, kepala PAUD mensupervisi program pendidikan sosial finansial, serta faktor yang menghambatan pelaksanakan pendidikan sosial dan finansial di PAUD.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.  Sumber data penelitian ini adalah Kepala PAUD, guru,orangtua dari PAUD Citra Indonesia dan PAUD Amalia Kota Banjarbaru. Lokasi penelitian dilakukan di PAUD Citra Indonesia Kota Banjarbaru dan PAUD Amalia Kota Banjarbaru. Teknik pengumpulan data penelitian didapatkan melalui observasi, wawancara, serta studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa peran kepemimpinan kepala PAUD dalam mengembangkan pendidikan sosial finansial yakni mengkoordinasikan pembelajaran dengan berbagai pihak yang terkait, membuat perencanaan program, melakukan inovasi pembelajaran dalam pengembangan pendidikan sosial finansial pada Anak Usia Dini. Strategi yang dilakukan kepala PAUD untuk menciptakan iklim pembelajaran  pendidikan sosial finansial yaitu pemilihan materi, penentuan metode pembelajaran, serta penggunaan media digital. Untuk kompetensi yang diperlukan guru dalam melaksanakan Pendidikan sosial finansial meliputi perencanaan, pelaksanaan dan peniliaan dalam mengembangkan pendidikan sosial finansial. Selajutnya, kepala sekolah melakukan supervisi program melalui pemantauan dan evaluasi program. Terakhir faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam melaksanakan pendidikan sosial finansial di PAUD meliputi pemahaman guru, pemahaman orang tua serta pelibatan orang tua.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI